8 Jenis Cincin Berlian Solitaire yang Paling Populer

Cincin solitaire adalah salah satu model cincin klasik yang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu sudah disukai dan sampai sekarang pun masih tetap disukai. Biasanya cincin berlian solitaire digunakan untuk cincin tunangan dan cincin nikah karena maknanya yang mendalam. Cincin ini bernama solitaire karena menggunakan berlian tunggal sebagai center stone. Itulah sebabnya dijadikan sebagai cincin tunangan dan nikah karena melambangkan cinta yang abadi.


Inilah Jenis Cincin Berlian Solitaire yang Populer

Semua model cincin solitaire pasti hanya menggunakan satu berlian saja. Namun ragamnya juga banyak karena bentuk potongan berlian yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis cincin solitaire berdasarkan potongan berliannya yang paling populer:

1. Round Cut

Jenis cincin solitaire yang paling populer adalah cincin dengan berlian round cut. Round cut diamond menjadi berlian yang paling populer karena potongannya yang presisi. Berlian dengan potongan presisi mampu memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga berlian berkilau dengan indah. Anda akan sangat mudah menemukan cincin dengan bentuk round cut ini.

2. Princess Cut

Jenis cincin solitaire paling populer yang kedua adalah princess cut diamond. Bentuknya kotak sehingga dikenal dengan nama lain yaitu square cut diamond. Bentuk berlian satu ini diciptakan sekitar tahun 60-an. Pria berkebangsaan Inggris bernama Arpad Nagy yang menciptakannya. Jika dibandingkan round cut diamond, nyatanya cincin solitaire berhiaskan princess cut diamond lebih murah.

3. Pear Cut

Pear cut diamond adalah bentuk potongan berlian yang menyerupai buah pir. Ada juga yang menyebutnya teardrop cut karena terlihat seperti tetes air mata. Pear cut memiliki ujung yang membulat dan meruncing. Cincin berlian dengan pear cut diamond terlihat begitu unik.

4. Oval Cut

Jenis cincin berlian solitaire selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cincin oval cut. Oval cut diamond memiliki bentuk yang sedikit memanjang sehingga ukurannya terlebih lebih besar. Banyak cincin populer yang menggunakan oval cut. Tidak heran jika akhirnya cincin solitaire oval cut begitu populer.

5. Cushion Cut

Ingin memiliki cincin solitaire yang lebih unik lagi? Cushion cut ring bisa Anda pertimbangkan. Seperti namanya, bentuk berliannya kotak namun ujungnya membulat. Persis seperti bantalan sehingga dinamakan cushion. Sama seperti oval cut, bentuk cushion ini juga populer di kalangan pesohor karena menggabungkan konsep klasik sekaligus modern.

6. Marquise Cut

Marquise cut adalah bentuk potongan berlian yang mirip dengan pear cut. Hanya saja pear cut memiliki bagian runcing di satu sisi saja. Sementara marquise cut memiliki bagian runcing di kedua sisinya. Pastikan menggunakan jenis setting yang tepat agar bagian runcing dari berlian berbentuk marquise cut tidak patah.

7. Emerald Cut

Sesuai namanya, emerald cut awalnya hanya diterapkan pada batu emerald atau zamrud saja. Penerapan potongan satu ini membuat batu permata hijau tersebut terlihat lebih cemerlang. Namun lama kelamaan, para pengrajin perhiasan menerapkannya untuk berlian. Hasilnya pun tak kalah indah. Ciri khas emerald cut yaitu berbentuk persegi panjang, ujung bulat, dan memiliki facet panjang.

8. Heart Cut

Jenis cincin solitaire paling populer yang terakhir yaitu cincin berbentuk heart cut. Cincin dengan bentuk hati juga bisa melambangkan kasih sayang dan cinta. Pastikan memilih cincin dengan potongan berlian yang simetri kedua sisinya identik. Jadi penampilannya pun tidak aneh saat dilihat.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis cincin berlian solitaire yang paling populer. Brand Mondial Jeweler memiliki koleksi cincin solitaire yang lengkap mulai dari round cut sampai dengan heart cut. Kunjungi gerai Mondial Jeweler secara langsung untuk melihat detail koleksi yang ditawarkan. Saat ini gerainya sudah tersebar di berbagai kota.